Sabtu, 10 Desember 2011

logo/lambang darunnajah



Lambang Darunnajah
Lambang Darunnajah yang dipakai saat ini dibuat pada tahun 1964. Sebagai organisasi, Darunnajah tidak bias mengabaikan adanya lambang yang mencerminkan visi dan misi dari lembaga pendidikan Darunnajah.
Saat saya (Drs.KH.Mahrus Amin) memimpin Madrasah Darunnajah di Petukangan pada tahun 1964, sudah terbayang wajah dan bentuk Darunnajah di masa mendatang. Ketika itu Darunnajah Petukangan sudah mengasuh 14 santri mukim  yang berlokasi di Ulujami dan memiliki sekolah tingkat Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, dan Madrasah Diniyah, dan Madrasah Tsanawiyah di Petukangan. Seiring makin berkembangnya Darunnajah, dirasakan perlu membuat lambang.

Lambang saya reka-reka sendiri dengan memanfaatkan sedikit kemampuan seni rupa yang saya miliki. Memang sejak duduk di SR (Sekolah Rakyat) bakat seni sudah muncul dalam diri saya. Bakat ini makin terasa saat saya belajar di Pesantren Gontor. Kegiatan kepramukaan yang saya geluti sejak masa muda hingga menjadi pengasuh pesantren, makin mengasah kemampuan seni saya. Saya jadi terbiasa membuat khat (seni kaligrafi) dan mengajarkannya untuk para santri.
Cita-cita dan visi Darunnajah bisa dilihat dari lambang yang berupa lingkaran yang di dalamnya terdapat gambar bulan sabit, mihrab, Kabah, Al-Quran, pita bertuliskan Darunnajah dalam aksara Arab dan sepasang tunas.
Komponen Logo Darunnajah : 1)Kabah, 2)Mihrab masjid dengan tiga lengkungan, 3)Al-Quran, 4)Sepasang tunas, dengan masing-masing lima gerigi, 5) pita dengan tulisan Darunnajah dalam aksara Arab, 6)Bingkai berbentuk bulan sabit.
Warna Logo Darunnajah : 1)Dasar warna hijau daun, 2)Mihrab, kabah, permukaan al-quran dan pita berwarna putih, 3)Kabah dan tulisan berwarna hitam 4)Tunas, sisi al-quran dan bulan sabit berwarna kuning.
Makna Logo Darunnajah:  1)Kabah melambangkan persatuan umat, 2)Mihrab melambangkan pembinaan kader iman atau pemimpin umat,  3)Tiga lengkungan mihrab melambangkan kesatuan Islam Iman dan Ihsan, 4)Al-quran melambangkan dasar utama Islam dan lambang keilmuan, 5)Sepasang tunas melambangkan pengkaderan pemimpin putera dan puteri, 6) Lima gerigi pada tunas melambangkan prinsip-prinsip pendidikan Darunnajah yaitu Pancajiwa, Pancabina, Pancadharma, dan Pancajangka, 7)Bulan sabit melambangkan perjuangan umat Islam, 8)Warna putih melambangkan kesucian dan keihklasan yang melandasi amal dan usaha, 9)Warna hitam melambangkan keabadian, 10)warna kuning melamangkan semangat, 11)warna hijau melambangkan kedamaian dan keberhakan.
(sumber : KH.Mahrus Amin Dakwah Melalui Pondok Pesantren, Pengalaman Merintis dan Memimpin Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta, 2008)

0 komentar:

Posting Komentar

tag

Followers

Text


  ©Template by Blogger. Design By Tips dan Trik Blog